Selasa, 04 Desember 2012

flu dan pilek pada bayi


Mengatasi flu dan pilek pada bayi
Oleh Asliati Muzayanah





Salah satu jenis penyakit yang sering menimpa pada bayi adalah flu dan pilek. Jika bayi flu dan pilek, kondisinya tubuhnya menjadi lemas dan tak punya tenaga untuk melakukan gerakan. Selain itu bayi juga akan kesulitan untuk bernafas dan dari hidungnya selalu keluar lendir atau ingus. Untuk mengatasi flu dan pilek bayi, ada dua cara yang bisa digunakan yaitu dengan cara modern dan tradisional. Jika ingin menyembuhkan bayi flu dan pilek dengan cara modern, kita tinggal membawanya ke rumah sakit atau dokter.

Setelah diperiksa, di sana kita akan mendapat obat untuk menyembuhkan dan mengatasi flu dan pilek bayi tersebut. Obat ini biasanya berbentuk sirup yang rasanya manis atau puyer yang bentuknya seperti serbuk. Khusus untuk obat puyer cara meminumkannya adalah dicampur dengan air matang menggunakan sendok.
Sedangkan jika ingin menggunakan cara tradisional untuk mengatasi flu dan pilek bayi, adalah menggunakan bawang merah yang dilembutkan dan dicampur dengan minyak telon. Setelah itu diletakan di atas kepala bayi pada bagian ubun-ubun. Campuran bawang merah dan minyak telon ini akan memberi kehangatan pada tubuh sehingga penyakit flu dan pilek bayi bisa segera sembuh. Selain bawang merah, obat tradisional lain untuk menyembuhkan bayi flu dan pilek adalah kencur. Cara membuat ramuan dan campurannya juga sama, namun ditempelkan pada bagian dahi. Sistem kerja dari obat ini juga tidak berbeda.
Kemudian untuk merawat kesehatan bayi agar tidak mudah sakit, antara lain harus selalu diberi baju hangat jika suhu udara sedang dingin. Selain itu di pagi hari bayi dijemur untuk mendapatkan sinar matahari yang bisa menghangatkan dan menyehatkan badan sehingga penyakit bayi flu dan pilek bisa dihindari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar